Walikota Tasikmalaya Bersama Gandara Group Rehab Ratusan Mesjid di Kota Tasikmalaya

  • Bagikan
banner 468x60

Kota Tasikmalaya- Walikota Tasikmalaya menggaet perusahaan swasta yaitu Gandara Group untuk menyelesaikan dan merehab 100 Masjid di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gandara Group adalah perusahaan swasta yang sudah cukup lama berkiprah dalam melakukan aksi sosial membantu merehabilitasi masjid Se-Priangan Timur.

H. Cahya Gandara selaku owner Gandara Group mengatakan bahwa dirinya telah melakukan aksi sosialnya dalam membantu rehabilitasi Masjid, sudah dari tahun 2008.

Menurutnya, sudah ada 2000 Masjid yang telah dituntaskan oleh perusahaan Gandara Group.

“Kalau saat ini Kota Tasikmalaya ada 145 rehab dan pembangunan dari nol.”Ucap H. Cahya kepada wartawan, Selasa Malam (2/8/2022).

Sementara Gandara Group bersama Walikota Tasikmalaya sekarang, menargetkan pada tahun ini 100 Masjid di Kota Tasikmalaya bisa dibangun dan direhab.

Pembangunan masjid yang sudah diselesaikan oleh Gandara Group di wilayah Priangan Timur adalah Pangandaran sejumlah 100 Masjid, Ciamis 100 Masjid, Banjar 100 Masjid, dan Garut 100 Masjid targetan per tiap tahunya.

“Rehab ini udah berjalan dari 2008.”Katanya.

H. Muhammad Yusuf, Walikota Tasikmalaya mengatakan agenda hari ini adalah mengunjungi 5 Masjid yang sedang dibangun atau direhab.

“Kita sampai saat ini udah sambangi 40 Masjid yang di rehab dan yang sudah beres sekitar 30.”Beber HM Yusuf.

Antusiasme masyarakat sangat terlihat dalam pemberian bantuan terkait rehabilitasi Masjid, karena mereka sangat menginginkan Masjidnya diperbaiki.

HM Yusuf menjelaskan setelah dirinya turun langsung memantau perkembangan, ternyata masih banyak sekali Masjid yang harus direhab dan diperbaiki. Maka Yusuf pun bertekad membantu semaksimal mungkin agar Masjid-masjid di Kota Tasikmalaya bisa semakin baik.

“Rezeki mah yang ngatur Alloh, yang penting semangat kita, semangat masyarakat ketika oleh kami diberikan bantuan stimulan gotong royong masyarakat berjalan. Yang paling berat itu di pembangunan itu upah kerja, makanya pak cahya dan saya tidak memberikan dalam bentuk uang.”Jelasnya.

Terakhir, Yusuf menjelaskan, jika bantuan untuk ke Masjid bukan dalam bentuk uang saja, karena uangnya nanti akan habis buat upah, dan sehingga proses rehabnya tidak bakal terealisasi.

“Kita berikan saja kebutuhan materialnya untuk masjid yang di rehab.”Pungkasnya.

Adapun, Masjid yang sudah disambangi dan akan direhab itu diantaranya Masjid AT-Taqwa, Kp Babakan Cikawung, RT6/RW6, Kelurahan Awipari, Kecamatan Cibereum, Masjid Irsyadul Khoer, JL Nagara Kasih Rt5/Rw4, Kelurahan Kersanegara, Kecamatan Cibereum.

Lalu Masjid Nurul Huda, Kp Munjul, Rt04/RW07, dan Kelurahan Karikil, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

 

(Rizky/tasikraya)

banner
  • Bagikan