Tingkatkan Kapasitas SDM, Panwascam Tamansari Gelar Bimtek Bersama Bawaslu

  • Bagikan
banner 468x60

Kota Tasikmalaya- Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Tamansari melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) aparatur pengawas Pemilu, bertempat di Aula Rumah Makan Sambel Hejo, Kota Tasikmalaya, Kamis (13/4/2023).

Ada 8 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Se-Kecamatan Tamansari yang diberikan bimbingan oleh anggota Bawaslu Kota Tasikmalaya.

“Ini kegiatan pembinaan aparatur pengawas kelurahan dalam rangka meningkatkan kapasitas pengawas di tingkat kecamatan.”Ucap Pipin Aripin, S.Pd Ketua Panwascam Tamansari kepada tasikraya saat meliput.

Menurut dia, kegiatan sekarang adalah sasaranya itu terhadap Pengawas Kecamatan dan Pengawas Kelurahan/Desa.

“Yang kami tekankan adalah kepada Pengawas Kelurahan/Desa (PKD).”Ungkap dia.

Pipin menyebutkan merekalah (PKD) yang fight benar-benar menjadi ujung tombak Panwascam Tamansari dalam mengawasi.

“Dari kegiatan bimtek ini diharapkan disamping pemahaman yang mumpuni juga punya kepercayaan diri masing-masing PKD.”Singkatnya.

Ketua Panwascam Tamansari ini mengatakan tantangan yang dihadapi oleh PKD adalah mayoritas yang diawasi itu umurnya lebih tua, sehingga mereka (PKD) harus mempunyai wawasan kepemiluan dan rasa kepercayaan diri yang baik.

“Sehebat-hebatnya apapun mereka dalam pengetahuan tetap dalam pengawasan itu tidak akan optimal.”Ujar dia.

Selain melakukan bimbingan terhadap PKD, Panwascam Tamansari juga melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif kepada masyarakat umum.

“Untuk besok sasaranya kepada masyarakat umum dan jumlah peserta kurang lebih ada 40 orang.”Bebernya

Pipin menegaskan untuk wilayah Tamansari dari segi kerawanan sosial Pemilu itu tidak ada hal yang mengganggu kamtibmas akibat hasil yang tidak memuaskan. Akan tetapi, di Tamansari hanya lebih kepada rawan geografis seperti rawan longsor, karena tahun lalu pernah terjadi.

“Harapan kami, kapabilitas rekan-rekan Panwas kelurahan meningkat, loyalitas menjadi harapan kami. Agar pemilu ke depan sesuai dengan on the track.”Terangnya

Kendati demikian, kata Pipin, tugas pengawas pada tahap sekarang adalah memastikan bahwa hasil dari coklit diterapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Artinya orang yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) harus tidak ada di DPT, dan orang yang benar-benar Memenuhi Syarat (MS) harus tercantum di DPT.

Selain itu, Pipin juga berharap upaya maksimal dalam menjalankan tugas dari seluruh perangkat Panwascam Tamansari beserta jajarannya, sehingga bisa memastikan pelaksanaan pemilu di wilayah Kecamatan Tamasari berjalan sukses tanpa ekses.

 

(Rizky/tasikraya)

banner
  • Bagikan