STIP Jakarta Gelar Workshop Training Guide Book

  • Bagikan
banner 468x60

Jakarta-Dalam perkembangan Dunia Akademik yang dinamis saat ini dituntut untuk terus melakukan perbaikan dan perkembangan terutama panduan dalam Pendidikan yang harus sesuai pangsa Pasar Dunia kerja.

Tentunya saat ini, seringkali Akademik atau Dunia Pendidikan masih ketinggalan dalam menyiapkan panduan untuk para peserta magang di Dunia Usaha dan Industri.

Hal ini menjadi hambatan dalam melakukan penyerapan ilmu atau keadaan Dunia kerja secara nyata. karena tidak ada panduan yang sesuai dengan keadaan saat ini sehingga Mahasiswa butuh proses lama untuk melakukan adaptasi dilingkungan kerja.

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran salah satu Perguruan tinggi Vokasi / keahlian di bidang Pelayaran dan Kepelabuhanan dibawah naungan Departemen Perhubungan.

Agung Kwartama selaku

Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya akan mengadakan Workshop Training Guide Book ( TGB ) yang bertujuan membuat panduan buku untuk Taruna Pelayaran jurusan KALK untuk proses magang dalam 1 tahun di berbagai Perusahaan.

“Materi di Dunia ini, kerja dapat diserap dengan baik. Namun, Penyusunan TGB ini melibatkan para praktisi, akademik dan mengundang nara sumber dari dunia industri juga agar panduan ini bisa tepat sasaran sesuai bidang yang ditekuni.”Ungkapnya, Jum’at Malam (12/11/2021).

Dr. Agung Kwartama, SE, MM., MH (Dosen dan Praktisi Ekonomi), ia menyampaikan, Dalam penyusuan TGB ini oleh STIP yang di adakan Hotel Aston Imperial pada 11-13 November 2021.

“Dengan agenda, akan mengumpulkan informasi dari laporan-laporan tugas Taruna sebelumnya dan pengalaman yang telah diterima selama melakukan magang di berbagai perusahaan dan daerah selama beberapa tahun terakhir.”Sahutnya.

Selanjutnya, Ia akan mengundang Narasumber dari Pendidikan Tinggi bidang Vokasi untuk memberikan pedoman dalam menyusun panduan laporan magang. sehingga diakhir proses mendapatkan keahlian yang matang dan siap untuk terjun Dunia kerja yang akan ditekuni sesuai dengan Pendidikan formal.

Lebih dari itu, pihaknya akan membuat panduan baru dengan merevisi panduan sebelumnya menyesuaikan Dunia kerja dan Dunia Industry saat ini, agar Taruna dapat menggali informasi lebih banyak serta mampu membandingkan pengalaman akademik dengan pengalaman yang ada dilapangan.

Dilain pihak, dirinya telah menentukan sasaran yang akan diraih selama dalam magang melalui monitoring berkala yang dilakukan oleh STIP dengan Pimpinan Perusahaan atau perwakilan yang menerima Taruna STIP agar saling memberikan masukan, saran dan perbaikan demi menciptakan lulusan yang berkualitas.

“Ya, saya akan mengundang beberapa Narasumber Alumni yang bekerja di Dunia Transportasi untuk terus menginformasikan keadaan Dunia saat ini yang memberikan masukan untuk perbaikan serta memberikan motivasi untuk Taruna menjadi lulusan kerkualitas atau menjadi Entrepreneurship masa depan demi menciptakan lapangan kerja baru serta mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya.”Imbuhnya.

Dia berharap, dengan adanya Workshop ini diharapkan menghasilkan panduan Akademik yang mampu memenuhi harapan dunia kerja dengan terus melakukan kerjasama dengan Dunia industri dengan menjadi bagian dalam penyusunan kurikulum serta panduan di kegiatan ini.

“Sinergi ini akan menjadi prioritas terutama untuk pendidikan vokasi agar lulusan yang dihasilkan menjadi tenaga yang siap masuk pangsa pasar dan mampu memenuhi posisi strategis demi peningkatan persaingan bisnis secara global yang manjadi tujuan utama dari pendidikan tinggi di Indonesia saat ini.”Pungkasnya.

  • Bagikan