Salut, Pendamping PKH Purbaratu Gelar Pelatihan agar KPM Produktif

  • Bagikan
banner 468x60

Kota Tasikmalaya- Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya patut diacungi jempol, mereka mampu melakukan pendampingan maksimal bagi masyarakat dampingannya, hal itu terbukti dengan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

Ada dua pelatihan yang diselenggarakan oleh para Pendamping PKH Kecamatan Purbaratu, yaitu pelatihan membuat kerajinan tangan untuk souvenir dengan jumlah peserta 50 orang, dilaksanakan pada hari Kamis (7/10/2021) bertempat di Aula Kelurahan Purbaratu, dan pelatihan memanfaatkan lahan kosong dengan jumlah peserta juga 50 orang yang dilaksanakan pada Senin-Selasa 11-12 Oktober 2021, sehingga total masyarakat yang dilatih ada 100 orang.

Berdasarkan keterangan dari Koordinator PKH Kecamatan Purbaratu, Jafar Sidik, kegiatan pelatihan tersebut merupakan upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh pendamping PKH, diharapkan dengan pelatihan tersebut KPM bisa menjadi produktif dan inovatif, bisa memanfaatkan potensi yang ada di sekitarnya.

“Hal ini untuk meningkatkan keterampilan KPM, dan menciptakan kesadaran KPM dalam pengelolaan potensi yang ada, minimalnya memanfaatkan lahan pekarangan rumah.”Ucapnya, Selasa (12/10/2021).

Menurut Jafar, KPM sangat antusias dalam mengikuti pelatihan kerajinan dan pemanfaatan lahan, Jafar pun berharap pelatihan yang diselenggarakan oleh Pendamping PKH tersebut bisa meningkatkan kreatifitas dan produktifitas KPM di Kecamatan Purbaratu.

Jafar menambahkan, target utama dari kegiatan tersebut adalah untuk memberdayakan KPM, karena ketika kreatifitas dan produktifitas meningkat maka KPM akan bisa lebih berdaya, bisa lebih mandiri secara ekonomi, sehingga tidak lagi tergantung pada program bantuan dari pemerintah.

Setelah sukses menyelenggarakan pelatihan tersebut, Jafar dan para Pendamping PKH Purbaratu meminta dukungan dari berbagai pihak agar program yang digagasnya bisa terus berlanjut.

“Kegiatan ini semoga mampu berlanjut dan menyentuh kepada instansi lain baik dari pemerintah maupun swasta guna memajukan kesejahteraan sosial masyarakat terutamanya para penerima PKH.”Pungkasnya.

 

(Rizky/tasikraya)

  • Bagikan