Ramai Informasi Galunggung Aktif, Begini Kata Pengelola

  • Bagikan
banner 468x60

Kabupaten Tasikmalaya- Berkembang informasi yang menggemparkan Tasikmalaya dan sekitarnya, Gunung Galunggung dikabarkan sedang aktif, masyarakatpun riuh terkait kabar tersebut karena merasa tidak aman.

Kabar aktifnya Gunung Galungggung langsung ditanggapi oleh Koordinator Pengelola Objek Wisata Cipanas Gunung Galunggung. Menurut Syahidin, S.Sos, ia mengatakan bahwa kabar yang beredar adalah Hoax (bohong) yang tidak bisa di pertanggung jawabkan kebenarannya.

Dia melanjutkan bahwa status Gunung Galunggung saat ini level 1 atau level aman. Hal ini berdasarkan hasil cek lapangan, kemudian laporan dari Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Pos Pengamatan Gunung Api Galunggung, Bulan Oktober Nomor : 10/04/BGV-P/GLG/2021.

“Saya tegaskan bahwa kabar Gunung Galunggung tidak aman adalah HOAX.”Ungkapnya saat di konfirmasi wartawan, Senin (8/11/2021).

Terpisah, Riyan salah satu warga Desa Sinagar, Kecamatan Sukaratu, menepis kabar tersebut, menurutnya Gunung Galunggung tidak menunjukan tanda-tanda aktif. Bahkan Riyan berspekulasi ada kemungkinan informasi tersebut sengaja disebarkan akibat adanya persaingan.

“Saya tidak pernah mendengar tanda tanda aktifitas abnormal Gunung Galunggung, bisa saja HOAX ini disebarkan dengan sengaja agar Cipanas Galunggung sepi pengunjung atau jauhnya adanya dugaan persaingan.”Pungkasnya.

(Rizky/tasikraya)

  • Bagikan