Orang Sunda Gelar Balap Karung di Jepang

  • Bagikan
banner 468x60

Kabupaten Tasikmalaya- Komunitas orang sunda yang tergabung dalam Baraya Viking Japan (BVJ) Distrik Kyushu merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia di negeri Jepang, tepatnya di Shingu Beach Koga, Selasa (17/8/2021).

Meski jauh di negeri orang, namun mereka tetap menggelar lomba khas Agustusan balap karung seperti tradisi di Indonesia, mereka juga menggelar lomba lain seperti balap kelereng, estafet sarung, estafet terong, joged balon, makan kerupuk, memindahkan karet gelang, estafet air, memindahkan kacang, estafet terigu, mecahkan balon, tiup balon sampai meletus, dan tarik tambang.

Ikbal Reza, WNI asal Kp Cidahu, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat menjelaskan peringatan HUT RI yang mereka lakukan adalah sebagai bentuk syukur dan kecintaan mereka terhadap Republik Indonesia, sekaligus juga mengobati rasa rindu akan kampung halaman.

“WNI yang tergabung dari Baraya Viking Japan Distrik Kyushu tetap memeriahkan HUT-RI ke-76 sebagai bentuk kecintaan kami terhadap Negara Indonesia, dan juga untuk mengobati rindu kami kepada kampung halaman.” ujar Ikbal kepada tasikraya.com.

Ikbal menambahkan, selain untuk memperingati HUT RI ke 76, berbagai perlombaan tersebut juga untuk memperingati 10 tahun Baraya Viking Japan Distrik Khusyu.

(Rizky/tasikraya)

  • Bagikan