MKKS SMK Selenggarakan Bimtek Aplikasi RKAS

  • Bagikan
banner 468x60

Kota Tasikmalaya- Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota/Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) bertempat di Grand Metro Hotel, Selasa (19/7/2022).

Tujuan Bimtek ARKAS di tiap SMK adalah mengukur pembelanjaan dana BOS di sekolah terkait 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).

“Supaya bendahara SMK menjamin tercapainya penggunaan sumber dana secara efisien, efektif, dan berkesinambungan. Kemudian, meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan Sekolah/Madrasah.”Ungkap Iip Zakiah, M.Ag selaku ketua pelaksana kegiatan kepada tasikraya.com di lokasi.

Iip Zakiah menjelaskan bahwa penggunaan Aplikasi RKAS (ARKAS), Pertama tercantum dalam Surat Edaran Nomor 4313/D/PR/2019 Tentang Penggunaan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kedua, Surat Edaran Bersama Mendagri Nomor 907-6479-SJ dan Mendikbudristek Nomor 7 Tahun 2021 tentang Pengintegrasian Sistem Informasi Pengelolaan Dana BOS.

Ketiga, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, Bantuan Operasional Sekolah dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan.

Selanjutnya, Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Berdasarkan Permendiknas No 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan, setiap Sekolah pada semua jenjang Pendidikan, termasuk SMP, harus menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Iip menambahkan bahwa Aplikasi RKAS merupakan sistem informasi yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggung jawaban dana bantuan operasional sekolah di satuan pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

“Targetnya selesai bendahara menginput BKU di Arkas kemudian selesai juga pengesahan laporan Bos tahap satu. Karena realisasi bos tahap satu merupakan syarat pencairan Bos tahap berikutnya.”Jelasnya.

Sementara itu, tujuan lainnya diadakan Bimtek ini terkait masalah yang dihadapi oleh para bendahara, ditargetkan dengan Bimtek permasalahan-permasalahan tersebut bisa terpecahkan.

Dalam kegiatan Bimtek ARKAS SMK Kota/Kabupaten Tasikmalaya ada 225 peserta bekerja sama dengan KCD XII Provinsi Jabar serta dengan tim dari Pusat.

 

(Rizky/tasikraya)

banner
  • Bagikan