Ikuti Segera! Kompetisi Pariwisata Discovery the Local, 3 Para Pemenang Liburan Ke Bali

  • Bagikan
banner 468x60

Kota Tasikmalaya-Disporabudpar selenggarakan Konferensi Pers di Rumah Makan (Imah Mang Asep) Kota Tasikmalaya. Kegiatan jumpa pers ini dalam kompetisi Pariwisisata Discovery The Local Kota Tasikmalaya.

Kegiatan Disporabudpar tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas & Sekdis Disporabudpar Kota Tasikmalaya serta Ketua Panitia.

Hadian selaku Kepala Dinas menyampaiakan, maksud dan tujuanya program ini adalah kolaborasi antara DISPORABUDPAR Kota Tasikmalaya dengan para penggiat Pariwisata.

“Program ini dalam rangka mengurangi pengangguran akibat pandemi covid-19, Program ini adalah langkah nyata untuk pemulihan ekonomi daerah pasca pandemic Covid-19.”Ungkap Hadian Kadis Disporabudpar kepada wartawan, Jum’at (19/11/2021).

Hadian mengatakan hal ini dalam upaya untuk menciptakan Micro-Entrepreneur dalam berbagai bidang melalui sektor Pariwisata dengan konsep Ens-Person One Product.

Selanjutnya, pasca covid sekarang itu dengan menciptakan peluang penghasilan untuk para peserta (masyarakat) yang di dapat dari aktifitas minat/hobi yang dijalani & menciptakan varian produk, kemasan paket wisata dan menawarkan pengalaman unik berwisata di Kota Tasikmalaya.

“Para peserta bisa berkontribusi dalam membangun kepariwisataan Kota Tasikmalaya dan program ini tidak dipungut biaya (gratis).”Ujarnya.

Namun, dalam melihat situasi serta kondisi sekarang, dengan dua tahun adanya pandemi melanda seluruh dunia. Tentunya, sangat mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Dengan keadaan ini bagi Pariwisata lebih terepengaruhi dengan adanya covid-19.

“Dimulai, PPKM level1, level 2, level 3, itu sangat berpengaruh terhadap perkembangan pariwisata. Di dalam penangan covid-19, disatu sisi dengan prokes, ada beberapa aspek salah satunya dengan kerumunan orang. Kemudian, program parawisata ini, satu sisi dibatasi dengan kerumunan orang. Tetapi aspek pariwisata rentan mendatangkan orang.”Paparnya.

Masih Hadian, sekarang Kota Tasikmalaya berada di level 3 secara Nasional. Level 3 sudah memberikan uji coba dalam kegiatan ke Parisiwisataan, salah satunya membuka Bioskop, Mall, Supermarket, dll.

“Kami Disporabudpar, mencoba adakan program tentang kompetisi Kota Tasikmalaya dan kami memerlukan kerja sama dengan insan pers, dan pegiat media sosial di Kota Tasikmalaya serta yang menang kompetisi ini bagi 3 para pemenang Discover the Lokal akan berlibur ke Bali.”Imbuhnya.

Sementara itu, Ervan Kurniawan selaku Ketua Panitia Discovery The Local membeberkan sejumlah kategori paket wisata, yakni Urban, Adventure, Eko Wisata, Family, Sporturism, Kesehatan dan Jasmani, Sosial, Kuliner, dan Hobi lainya.

“Jadi, dalam paket wisata, para peserta harus membuat paket wisata. Salah satunya harus ada jadwal perjalanan, harga, fasilitas, dan lainya. Nantinya, katara akan ikut memasarkan secara digital.”Terang Ervan selaku Founder Katara kepada awak media.

Selain itu, dengan adanya paket wisata akan menghasilkan uang bagi pembuat si paket wisata. Dengan ada kompetisi ini tentu dapat memberdayakan ekonomi masyarakat di tengah pandemi.

“Untuk deadline kompetisi discovery the local pada 21 November 2021, sedangkan daftar karya pada 7 Desember 2021. Hadiahnya bagia 3 oramg pemenang liburan ke Bali dan daftarnya ke Link www.katarasik.com.”Sambungnya.

Terakhir, Ervan mengatakan bahwa kompetisi ini setadinya di khususkan bagi masyarakat Kota Tasikmalaya. akan tetapi, respon masyarakat luar Kota Tasikmalaya sangat bagus maka sekarang dibukalah untuk umum.

(Rizky/tasikraya)

  • Bagikan