Bawaslu & KPU Kabupaten Tasik Gelar Rakor Verifikasi Administrasi Calon Perseorangan

  • Bagikan
banner 468x60

Kabupaten Tasikmalaya – Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya menghadiri acara Rapat Koordinasi yang digelar oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya, dengan menjelang Verifikasi Administrasi Calon Perseorangan.

Rapat Koordinasi ini dilaksanakan Senin Pagi, (02/03/2020) yang bertempat di Kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya, dihadiri oleh Disdukcapil serta Tim Bapaslon dan unsur Kepolisian.

Sebagaimana diketahui, bahwa di Kabupaten Tasikmalaya terdapat satu Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Perseorangan yaitu Pasangan (Cekas) Cep Zamzam Dzulfikar Nur dan Padil Karsoma.

Menurut Zam-Zam Jamaludin selaku Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, menjalankan Verifikasi Administrasi ini sesuai dengan ketetapan yang berlaku dalam Rakor. “Tentunya juga dengan diadakan Rakor ini diharapkan ada masukan dan tanggapan dari pihak terkait atas Verifikasi Administrasi yang akan dimulai pada 06 Maret 2020,”ucapnya.

Pada waktu yang bersamaan Disdukcapil juga menyampaikan persoalan-persoalan yang berkaitan dengan data kependudukan, yang tentunya harus memiliki sinkronisasi dalam verifikasi administrasi calon perseorangan dengan salah satu diantaranya adalah Surat Keterangan (Suket).

Sedangkan menurut Perwakilan Disdukcapil sendiri, “Suket atau yang dikenal dengan surat keterangan itu, tentu ada syarat berlakunya sehingga memang kemungkinan akan ada perbedaan NIK antara di suket dengan di KTP elektronik yang telah jadi. Selain itu juga, Kemungkinan dengan adanya NIK ganda dalam KTP Elektronik ini akan sangat kecil. Atau mungkin saja ada yang ganda tapi beda daerah namun orangnya tetap sama yang hanya pindah saja” Jelas Naim.

Selain itu, Tim Bapaslon juga turut menyampaikan “Semoga Silon KPU dan Bapaslon dapat terintegrasi supaya dapat memantau dari jauh di B.1.1 KWK. mana yang masuk dalam kategori MS (memenuhi syarat) dan mana yang TMS (Tidak Memenuhi Syarat)” terang Tim Bapaslon.

Sementara itu, dari Bawaslu Ahmad Aziz Firdaus mengatakan “Sebagai pihak penyelenggara yang bertugas mengawasi tahapan KPU juga berkomiten untuk melakukan pengawasan secara maksimal dalam proses verifikasi administrasi calon perseorangan, dan dibantu oleh Panwascam 39 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya”.

(Rizky/Aris)

banner
  • Bagikan