BAKTI dan Bumdesma Panca Mandala Selenggarakan Pelatihan Jaringan Internet

  • Bagikan
banner 468x60

Kabupaten Tasikmalaya-Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Wilayah kerja Surabaya menggandeng PT Bumdes Panca Mandala untuk menyelenggarakan Pelatihan Jaringan Internet serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin 26 September-1 Oktober 2022 bertempat di BUMDesa Bersama Panca Mandala Kp Cinunjang, RT003/RW001, Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Berdasarkan keterangan yang diterima, kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) BUM Desa dan BUM Desa Bersama.

“Pelatihan ini menjadi tonggak sejarah bagaimana Desa, BUMDES, dan masyarakat bisa menyelenggarakan tenaga teknis dalam menyelesaikan telekomunikasi.”Ungkap Irman Meilandi, Direktur PT Bumdesa Panca Mandala, Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Senin (26/9/2022) saat ditemui di lokasi.

Irman menyebut ini membuktikan Bumdesa Bersama Panca Mandala telah mampu menjadi mitra dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat Professional di level Nasional.

Perlu diketahui, BUMDesa Bersama Panca Mandala merupakan sebuah lembaga gabungan yang dibentuk dari 5 BUMDES, dan sudah bersertifikat Kementerian Hukum dan Ham dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT).

“Program pelatihan jaringan internet serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dilaksanakan oleh Bakti Kominfo langsung. Sasaran program ini adalah mencetak sumber daya manusia Bumdes yang telah dan menjadi bagian dari program kemitraan Bumdes di dalam memahami jaringan internet serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) secara efektif dan efisien.”Ucapnya.

Sehingga, kata dia, usaha layanan internet oleh Bumdes ini bisa menguntungkan dan berkelanjutan dengan total peserta 34 orang.

“Kemudian yang akan mendapatkan pelatihan intensif selama selama 6 (enam) hari yang dibagi menjadi 48 jam pelajaran atau 8 JP perhari secara offline.”Terangnya.

Kendati demikian, Bumdes Panca Mandala tersebut bekerja sama dengan Kominfo Pusat.

“Dalam hal ini BAKTI dan Kementerian Desa memfasilitasi peserta untuk mendapatkan Sertifikasi Instalasi dan Aktivasi Standar Kompetensi Keja Nasional Indonesia (SKKNI). Dan ini salah satu upaya mendorong bagaimana sumber daya manusia di desa bisa berdaya dan bersertifikasi.”Papar dia.

Adapun itu, salah satu tujuan kegiatan ini adalah agar masyarakat Desa, terutama generasi muda dapat menyelesaikan konektivitas, trouble shooting, mengembangkan jaringan untuk tujuan usaha dimana internet bisa jadi unit usaha BUMDesa atau BUMDesa Bersama yang memiliki berpotensi besar.

Sementara itu, Irman mengatakan manfaat yang diperoleh yaitu up skilling peserta-peserta pengurus Bumdes/ Bumdesma di dalam menjalankan usaha agar memiliki keterampilan untuk dapat mengoptimalkan usahanya dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk dapat bersaing di dalam era revolusi industri 4.0 serta memperhatikan aspek.

Dengan begitu, Outcome dari program pelatihan ini diharapkan bisa dapat menggerakkan ekonomi digital di dalam negeri.

Pertama, tersedianya tenaga teknis Bumdes yang berkemampuan memadai.

Kedua, terbentuknya sikap tenaga teknis dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

 

(Rizky/tasikraya)

banner
  • Bagikan