195 PPK di Kabupaten Tasikmalaya Resmi Dilantik

  • Bagikan
banner 468x60

Kabupaten Tasikmalaya- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) melantik 195 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat di Hotel Santika, Rabu (4/1/2023).

Anggota yang resmi dilantik tadi pagi, mereka ditugaskan di 39 Kecamatan pada Pemilu 2024 mendatang. PPK bertugas dari Pemilu Legislatif, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, Gubernur dan Wakil Gubernur, dan Bupati Tasikmalaya.

Zamzam Zamaludin Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya to the point bagi yang telah dilantik, mereka diminta untuk langsung bekerja dan segera melaksanakan pembagian tugas. Dimulai, dari pembagian keanggotaan hingga Sekretariat di masing-masing Kecamatan.

“Kepada para PPK yang telah dilantik ini untuk segera menentukan pembagian tugas yaitu soal siapa nanti yang akan menjadi ketua, termasuk pembagian divisinya. Dimana ada lima divisi nanti yang dibentuk dan itu semuanya tentu harus dibagi setiap orang anggota PPK.”Ucap Zamzam dimintai keterangan dilokasi, seusai pelantikan.

Zamzam melanjutkan, bahwa tugas PPK adalah untuk mempersiapkan sekretariat dan personilnya.

“Tadi kami sudah sampaikan kepada Pemerintah Daerah untuk bisa menyediakan personil-personil yang bisa bekerja membantu menjadi support sistem bagi PPK dalam pelaksanaan Pemilu di masing-masing kecamatan.”Ungkap dia dihadapan awak media.

Untuk dengan personil nanti, kata dia, diusulkan oleh para PPK kemudian nanti persetujuan dari Bupati Tasikmalaya. Sedangkan, untuk PPK di Kabupaten Tasikmalaya yang telah dilantik ini sebanyak 195 orang untuk 39 Kecamatan. Yaitu dengan masing-masing Kecamatan ada 5 orang PPK.

“Diusulkan dua orang untuk sekretaris PPK dan empat orang untuk sekretariat PPK. Biasanya nanti yang dipilih itu adalah ada satu orang sekretaris dan dua orang staf PPK.”Bebernya.

Masih zamzam, KPU Kabupaten Tasikmalaya sudah menetapkan PPK terpilih dua kali kebutuhan.

“Jadi ada 10 orang yang ditetapkan dan 5 lagi sebagai calon PAW jika nanti ditengah perjalanan ada anggota yang mengundurkan diri atau meninggal dunia.”Tambahnya.

Sementara itu, Mohammad Zen Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya mengaku sangat mengapresiasi kinerja KPU Kabupaten Tasikmalaya dalam mempersiapkan hajat politik demokrasi di indonesia.

Sebagai Sekda, kata Zen, ia akan mensuport melalui keberpihakan anggaran yang telah disiapkan dalam dana cadangan sebesar 60 milyar. Pihaknya berharap untuk Pilkada Gubernur dan Pilpres, ada dana sharing (pembagian) dari Pemprov Jabar dan Pemerintah Pusat.

“Sebab jika semua dibebankan ke daerah tentu sangat berat dan kita tidak mampu. Maka dari itu kita meminta adanya dana sharing.”Pungkas Moh Zen.

(Rizky/tasikraya)

banner
  • Bagikan